PERANCANGAN DESAIN LOGO DAN KONTEN MARKETING DALAM UPAYA PROMOSI PRODUK UMKM DI DESA TELUK BAKAU KECAMATAN GUNUNG KIJANG, KABUPATEN BINTAN, PROVINSI KEPULAUAN RIAU

Authors

  • Octojaya Abriyoso Program Studi Manajemen, STIE Pembangunan Tanjungpinang, Indonesia
  • Armansyah Program Studi Manajemen, STIE Pembangunan Tanjungpinang, Indonesia
  • Sri Kurnia Program Studi Akuntansi, STIE Pembangunan Tanjungpinang, Indonesia
  • Fendy Program Studi Manajemen, STIE Pembangunan Tanjungpinang, Indonesia
  • Sandry Program Studi Akuntansi, STIE Pembangunan Tanjungpinang, Indonesia

Abstract

Desa Teluk Bakau menjadi salah satu tempat dimana para pelaku UMKM mengembangkan kreatifitas yang sejalan dengan usaha dan minat mereka untuk mempertahankan dan mengembangkan unsur-unsur tradisi dan kebudayaan masyarakat setempat. Pengabdian ini dilakukan dengan melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata untuk mengatasi permasalah yang terjadi pada UMKM di Desa Teluk Bakau yaitu dengan mengadakan seminar. Program seminar yang kami laksanakan di Desa Teluk Bakau meliputi “perancangan desain logo dan konten marketing yang menginsiprasi” dengan sasaran pemberdayaan kepada masyarakat dan setiap pelaku UMKM. Metode yang digunakan meliputi metode observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil analisis yang ditemukan dalam pelaksanaan program seminar yang dilakukan dapat membuat mayarakat dan pelaku UMKM mendapatkan pengetahuan tentang seberapa penting logo, cara-cara apa yang harus dilakukan dalam membuat logo dan cara membuat konten-konten yang menarik serta unik. Selain itu, membantu dan menambah kemampuan masyarakat serta pelaku UMKM lebih meningkat dalam mempromosikan produk lewat aplikasi sosial media yang tren.

References

Abriyoso, O., Suganda, W., Harsoyo, E., Syahputri, D. M., Afriza, I., Tambunan, T. Y., Harningsih, Y., Kusuma, F. H., Siregar, H. P., Saputra, R. H., Titania, R. A., Randika, B. Z., Saputri, S. A., & Wahyuni, R. (2023). Pelatihan Promosi Dan Pemasaran Digital Pada Umkm. 4(2), 4158–4161.

Agusven, P., Widyaningrum, A., & Putri, D. (2023). Pengaruh Pengembangan Logo Terhadap Nilai Jual Produk UMKM. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 8(1), 12-25.

Afriyadi, A., Putra, A. A., Harianto, B., & ... (2023). Pemberdayaan Umkm Melalui Pembukuan Manual Dan Digital Dengan Penerapan Digital marketing Pada Masyarakat Desa Busung. Community …, 4(2), 4185–4189. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/15803

Afriyadi, H., Akbar, M. D., & Amanda, K. (2023). Peran Digital Content Marketing Dalam Pengembangan UMKM. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Digital, 5(2), 45-58.

Ainun, N., Rahman, F., & Sari, R. P. (2023). Dampak Pengembangan Logo Pada Perkembangan UMKM. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 7(3), 89-102.

Agusven, T., Fauzar, S., Kusumah, S., Warisman, L., Yuanita, A., Trymikha Pradana, Y., Studi Akuntansi, P., Pembangunan Tanjungpinang, S., & Studi Manajemen, P. (2023). Pemanfaatan Digital marketing Bagi Umkm Di Desa Penaga. Community Development Journal, 4(2), 4149–4152.

Danurwindo, G. (2021). Digital Content Marketing: Strategi Pemasaran di Era Digital. Media Pressindo: Yogyakarta.

Downloads

Published

2025-01-22

How to Cite

Abriyoso, O., Armansyah, Kurnia, S., Fendy, & Sandry. (2025). PERANCANGAN DESAIN LOGO DAN KONTEN MARKETING DALAM UPAYA PROMOSI PRODUK UMKM DI DESA TELUK BAKAU KECAMATAN GUNUNG KIJANG, KABUPATEN BINTAN, PROVINSI KEPULAUAN RIAU. SEMINAR NASIONAL (SEMNAS) PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM), 1(1), 21–28. Retrieved from https://proceeding.unrika.ac.id/index.php/PKM/article/view/29