TRAUMA KONSELING MENGGUNAKAN TRAUMA BOOK UNTUK MEREDUKSI TRAUMA PADA ANAK PASCA KERUSUHAN DI PULAU GALANG

Authors

  • Azzahra Adibah Balqis Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau Kepulauan, Indonesia
  • Grace Erlin Ikade Sihombing Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Riau Kepulauan, Indonesia
  • Annisa Rara Salvira Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Riau Kepulauan, Indonesia
  • Pirli Putri Pertiwi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau Kepulauan, Indonesia
  • Riesta Chella Ayu Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Riau Kepulauan, Indonesia
  • Ramdani Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau Kepulauan, Indonesia

Keywords:

Trauma, Konseling, Kerusuhan, Storytelling, Rempang

Abstract

Konflik di Pulau Rempang sendiri berawal dari ketidakpuasan masyarakat terhadap rencana pembangunan proyek Eco City yang menuai penolakan dari warga, terutama karena proyek ini akan menggusur 16 Kampung Tua di Pulau Rempang. Pasca-peristiwa kejadian ini muncul ketidak stabilan emosional dan psikologis pada anak-anak, yang dapat berdampak negatif terhadap perkembangan mereka di masa depan. Perlu adanya intervensi psikososial yang tepat dan terstruktur bagi anak-anak yang terkena dampak konflik. Kegiatan ini dilaksankan dengan tujuan untuk memberikan dukungan dan pendampingan kepada anak-anak untuk proses pemulihan dan penyesuaian diri yang optimal. Kegiatan ini menyediakan layanan konseling trauma kepada anak-anak yang terkena dampak konflik di Pulau Rempang melalui metode storytelling menggunakan trauma book yang dipakai untuk terapi storytelling untuk membantu anak-anak untuk mengatasi trauma dengan cerita yang disesuaikan dengan kondisi trauma yang terjadi. Hasil kegiatan meninjukkan bahwa penerapan layanan konseling menggunakan teknik trauma book dengan metode storytelling dan play therapy secara tidak langsung telah berdampak kepada penurunan tingkat trauma pada anak. Dalam layanan konseling trauma, kegiatan berupa metode storytelling dan play therapy juga menguatkan keterampilan dan kreativitas anak-anak melalui kegiatan bermain yang spontan dan menyenangkan serta untuk menyalurkan perasaan, mengembangkan imajinasi, dan memperkuat nilai-nilai social.

References

Arfandi, Dkk, (2023). Warga Pulau Rempang Menangis, Tolak PSN Rempang Eco City https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240818214712-20-1134569/warga-pulau-rempang-menangis-tolak-psn-rempang-eco-city.

Arliman, L. (2018). Peran Komisi Perlindungan Anak Indonesia Untuk Mewujudkan Perlindungan Anak. Jurnal Hukum Respublica, 17(2), 193-214.

BBC (2023) Rempang Eco City: Bentrokan aparat dan warga kampung adat yang terancam tergusur proyek strategis nasional, 'kalau direlokasi hilang sejarah kami' (Online) diakses dari https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-66711532

Bushnell, J. T. (2016). This Is Your Brain on Fear: TRAUMA AND STORYTELLING. Poets & Writers Magazine, 44(3), 25-35.

Fadilah, R., Syahputri, V., Afifah, D. T., & Faizah, Y. (2024). Analisis Gangguan Stres Pasca Trauma (PTSD) Pada Remaja yang Sering Menyaksikan Orangtuanya Bertengkar. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(12).

Ferdiansyah. (2019). Pendekatan Pedagogis Membuat Digital Story Telling Media Tamu

Feri, H (2023) Gas Air Mata Masuk Sekolah, Anak-anak di Rempang Panik (Online) diakses dari https://kepri.harianhaluan.com/daerah/1310086759/gas-air-mata-masuk-sekolah-anak-anak-di-rempang-panik

Habiba, A, Melati, A. Sa'idah, N. & Vimayanti, W. (2023). Actualization Of Human Rights In The Case Of Rempang Island In Indonesia In The Perspective Of Environmental Law. Jurnal Hukum Sehasen, 9(2), 375-384.

Hadi M, Dkk (2023). Cerita Guru SD Selamatkan Semua Muridnya Saat Kerusuhan di Rempang Batam https://regional.kompas.com/read/2023/09/08/131000478/cerita-guru-sd-selamatkan-semua-muridnya-saat-kerusuhan-di-rempang-batam.

Khadijah, M. A., & Jf, N. Z. (2021). Perkembangan sosial anak usia dini teori dan strateginya. Merdeka kreasi group.

Khasanah, & Amalia, A. (2018). Penanganan Trauma pada Anak-Anak Pasca Bencana: Konseling pada Bencana Alam. Dalam Konferensi Internasional tentang Bimbingan dan Konseling Islam (Vol. 1, No. 1, hlm. 190-195).

Lisdayanti, L. (2020). Integrasi Nilai-Nilai Karakter Pada Permainan Tradisional Lompat Tali Dalam Mengukur Kemampuan Motorik Kasar Anak Di PAUD IT Anak Mandiri Palu (Doctoral dissertation, IAIN Palu).

Michael (2023). "Anak Sekolah Jadi Korban Saat Bentrok di Rempang Batam, KPAI Sebut Aparat Lalai", https://regional.kompas.com/read/2023/09/08/203007178/anak-sekolah-jadi-korban-saat-bentrok-di-rempang-batam-kpai-sebut-aparat.

Muktamar, A., Iswahyudi, M. S., Salong, A., Wote, A. Y. V., Rahmatiyah, R., Riyadi, S., ... & Leuwol, F. S. (2023). MANAJEMEN PENDIDIKAN: Konsep, Tantangan, dan Strategi di Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Murdiono, M., Fatoni, A., & Taufiq, H. N. (2023). PEMBERDAYAAN ANAK YATIM MELALUI PROGRAM PELATIHAN KETERAMPILAN HIDUP SEHARI-HARI DI PANTI ASUHAN ULIL ABSHAR DAU SENGKALING MALANG. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 12023-12031.

Nurani, Y., & Hartati, S. (2020). Memacu kreativitas melalui bermain. Bumi Aksara.

Pandu,W. (2023). Mayoritas Warga Rempang Menolak Relokasi (Online) diakses dari https://www.kompas.id/baca/nusantara/2023/10/08/mayoritas-warga-rempang-menolak-relokasi

Partiwi, A. I. PENGARUH PEMBERIAN STORYTELLING TERHADAP TINGKAT KECEMASAN ANAK USIA PRASEKOLAH 3-6 TAHUN AKIBAT HOSPITALISASI DI RUMAH SAKIT SWASTA X BEKASI.

Purnama, B & Indriyani, P. (2020). Pengaruh Terapi Story Telling Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Anak Prasekolah Dengan Hospitalisasi. Journal Nursing and Health, 5(1), 40–51.

Rahmi, S. (2021). Komunikasi interpersonal dan hubungannya dalam konseling. Syiah Kuala University Press.

Rina, Dkk, (2023). Ratusan Siswa Terdampak Kerusuhan di Pulau Rempang, KPAI: Jangan Pakai Gas Air Mata Sekitar Sekolah https://www.tribunnews.com/regional/2023/09/21/ratusan-siswa-terdampak-kerusuhan-di-pulau-rempang-kpai-jangan-pakai-gas-air-mata-sekitar-sekolah.

Rini, R (2023) Ratusan Siswa Terdampak Kerusuhan di Pulau Rempang, KPAI: Jangan Pakai Gas Air Mata Sekitar Sekolah, (Online) diakses dari https://www.tribunnews.com/regional/2023/09/21/ratusan-siswa-terdampak-kerusuhan-di-pulau-rempang-kpai-jangan-pakai-gas-air-mata-sekitar-sekolah, pada 28 Februari 2024

Downloads

Published

2025-01-22

How to Cite

Balqis, A. A., Sihombing, G. E. I., Salvira, A. R., Pertiwi, P. P., Ayu, R. C., & Ramdani. (2025). TRAUMA KONSELING MENGGUNAKAN TRAUMA BOOK UNTUK MEREDUKSI TRAUMA PADA ANAK PASCA KERUSUHAN DI PULAU GALANG. SEMINAR NASIONAL (SEMNAS) PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM), 1(1), 143–152. Retrieved from https://proceeding.unrika.ac.id/index.php/PKM/article/view/42