PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI, NUMERASI, DAN JIWA NASIONALISME SISWA-SISWI SEKOLAH DASAR DI PULAU SERAYA

Authors

  • Amanda Sartika Universitas Riau Kepulauan, Indonesia
  • Magneta Hisyam Universitas Riau Kepulauan, Indonesia
  • A. Yanizon Universitas Riau Kepulauan, Indonesia
  • Erwin Ashari Universitas Riau Kepulauan, Indonesia
  • Asmaul Husna Universitas Riau Kepulauan, Indonesia
  • Ramses Universitas Riau Kepulauan, Indonesia
  • Ramdani Universitas Riau Kepulauan, Indonesia

Keywords:

Pembelajaran Interaktif, Literasi, Numerasi, Jiwa Nasionalisme

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat di SDN 008 Bulang, Pulau Seraya, Kecamatan Bulang, Kota Batam, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi, numerasi, dan menumbuhkan jiwa nasionalisme siswa. Tantangan geografis yang sulit serta keterbatasan infrastruktur dan sumber daya pendidikan menjadi hambatan utama dalam proses pembelajaran di daerah ini. Program ini menggunakan pendekatan kolaboratif dan metode inovatif, seperti permainan edukatif dan pembelajaran berbasis proyek, untuk mendukung proses belajar mengajar. Melalui kegiatan bimbingan literasi, permainan ular tangga numerasi, dan pengajaran interaktif pada mata pelajaran matematika dan bahasa Inggris, terjadi peningkatan motivasi dan kemampuan belajar siswa. Selain itu, program sosialisasi internet sehat dan berbagai lomba bertema kebangsaan berhasil menumbuhkan semangat nasionalisme di kalangan siswa. Hasil evaluasi menunjukkan adanya dampak positif terhadap prestasi akademik dan kesadaran kebangsaan siswa. Program ini diharapkan dapat dilanjutkan secara berkelanjutan melalui kerja sama yang lebih intensif antara sekolah, orang tua, dan berbagai lembaga pendidikan

References

Akidah, I. (2021, November Kamis). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media. Madaniya, Vol. 2, No. 4, November 2021, p. 10.

Aliyyah, R. R. (2021). Kuliah Kerja Nyata: Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Pendampingan Pendidikan. Mm (Jurnal Masyarakat Mandiri), 14.

Fauzul Etfita, A. A. (2022). Pendampingan Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif berbasis Web pada Siswa SMKS Budi Dharma Dumai. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat , 11.

Khori, N. Z. (2021). Pendampingan Pembelajaran Daring Terhadap Peserta Didik Sd/Mi. Ta’awun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 14.

nova, N. (2024). Penggunaan Media Ular Tangga dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi di SD Negeri 12 Batang Lawe Kabupaten Solok Selatan. Jurnal Pengabdia Masyarakat , 5.

Schumi, A. R. (2024, juni Sabtu ). Pendampingan Pembelajaran Interaktif melalui Permainan Edukatif Ular Tangga untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi di SD Negeri Sukoharjo 04.

Sefrina Widi Ariyanti, D. S. (2022). Sosialisasi Internet Positif untuk Anak Usia Sekolah Dasar . Jurnal BIna Desa , 5.

Yana, N. L. (2021, Agustus Senin). Program Pendampingan Belajar Terhadap Anak SD yang Dikemas dalam Media Interaktif Animasi Guna Membantu Peran Orang Tua Sebagai Guru di Rumah.

Downloads

Published

2025-01-22

How to Cite

Sartika, A., Hisyam, M., A. Yanizon, Ashari, E., Husna, A., Ramses, & Ramdani. (2025). PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI, NUMERASI, DAN JIWA NASIONALISME SISWA-SISWI SEKOLAH DASAR DI PULAU SERAYA. SEMINAR NASIONAL (SEMNAS) PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM), 1(1), 198–210. Retrieved from https://proceeding.unrika.ac.id/index.php/PKM/article/view/47