MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBACA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL DI SMPN 3 NUMFOR BARAT PAPUA
Keywords:
Kemampuan membaca, siswa SMP, media pembelajaran visualAbstract
Kemampuan membaca merupakan kemampuan dasar literasi yang harus ditingkatkan sejak dini agar siswa dapat melafalkan huruf dengan baik dan benar. Selain itu, kompetensi membaca harus ditingkatkan agar dapat memahami berbagai jenis informasi dari teks yang diamati. Permasalahan rendahnya kemampuan membaca siswa menjadi fokus utama, Dimana penggunaan media visual dianggap mampu membantu memperkuat pemahaman siswa terhadap teks. Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa melalui penggunaan media pembelajaran visual di SMPN 3 Numfor Barat Papua. PKM ini dilakukan di SMPN 3 Numfor Barat dengan melibatkan 33 siswa selama 1 bulan pada September 2024. Hasil PKM ini menunjukkan bahwa penggunaan media visual seperti gambar, infografis, video pembelajaran dan komik secara signifikan meningkatkan keterampilan membaca siswa. Siswa menunjukkan peningkatan pemahaman, minat membaca, dan kemampuan menganalisis teks setelah mengikuti pembelajaran dengan media visual. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media visual dapat menjadi salah satu solusi efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa di wilayah terpencil, khususnya di SMPN 3 Numfor Barat Papua.
References
Harianto, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. 14(2).
Muhaimin, M. R., & Listryanto, D. P. (2023). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK TERHADAP. 4(1).
Afandi, P. (2016). Concept and Indicator Human Resoursh Management For Management Research. Springer
Dezhbankhan, F., Baranovich, D.L., Abedalaziz, N., & Dezhbankhan, S. (2021). Impacts of Metacognition Management System (MMS) Training Course on Metacognitive Competencies. International Education Studies. 14(1), 15-34. Doi:10.5539/ies.v14n1p12
Drake, G. (2021), "Assessing the Impact of the National Police Training Program Blue Courage on Officer Attitudes Toward Mental and Emotional Wellness", Policing: An International Journal, Vol. 44 No. 6, pp. 999-1013. https://doi.org/10.1108/PIJPSM-07-2020-0120
Messi., Cuan, B., & Saputra, E. A. (2019). Kompetensi Guru Menyajikan Modul Sesuai Passion Siswa Dalam Pendidikan Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjan Universitas PGRI Palembang 12 Januari 2019.
Pohan, A. E., Edi, W., Putri, A., Nugroho, T., Miftakhi, D.R. (2021). Penguatan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Berbasis Blended di Kabupaten Padang Lawas. Minda Baharu, 5(2), 196-207. Doi.10.33373/jmb.v5i2.3424.
Pohan, A. E., Hadiyanto, A., & Azis, D. A. (2021). Virtualization of Teacher Training on Improving of Online Teaching Competence for the Students of Riau Island University in Indonesia. London Journal of Social and Science, Volume 2(1), 2021
Siagian Sondang, (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta, PT. Bumi Aksara
Usman, H. (2013). Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Harianto, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. 14(2).
Muhaimin, M. R., & Listryanto, D. P. (2023). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK TERHADAP. 4(1).