PROGRAM PELATIHAN MENGHITUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA SMPN 3 NUMFOR BARAT KABUPATEN BIAK NUMFOR
Keywords:
pelatihan, berhitung, siswa, matematikaAbstract
Berhitung bagian dari matematika tujuannya untuk menumbuh kembangkan ketrampilan berhitung yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan sebelum kegiatan pelatihan menunjukkan bahwa 100% dari 139 siswa yang disurvei di SMPN 3 Numfor Barat Kabupaten Biak Numfor Provinsi Papua ditemukan bahwa banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep dasar matematika, yang berdampak pada hasil belajar mereka. Kegiatan PKM ini untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada siswa di SMPN 3 Numfor Barat Kabupaten Biak Numfor Provinsi Papua. Pendampingan ini dilakukan pada semester ganjil pada bulan september selama 1 bulan tahun ajaran 2024-2025 yang melibatkan 139 siswa SMPN 3 Numfor Barat Kabupaten Biak Numfor Provinsi Papua. Program pelatihan ini dapat mendorong siswa di SMPN 3 Numfor Barat Kabupaten Biak Numfor Provinsi Papua di sekolah masing-masing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, meningkatkan kreativitas siswa, dan meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberi inovasi dalam pembelajaran berhitung dapat menggunakan metode jarimatika. Adapun metode yang dilakukan melalui 3 tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Hasil dari kegiatan ini para siswa yang terdiri ketercapaian tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat yaitu: ketercapaian materi yang disampaikan, serta motivasi siswa terlihat meningkat untuk belajar.
References
Antara Papua. (2024). Disdik Biak pada 2025 tingkatkan program literasi-numerasi siswa. https://papua.antaranews.com/berita/729263/disdik-biak-pada-2025-tingkatkan-program-literasi-numerasi-siswa. (diakses 5 Oktober 2024).
BPS Kabupaten Biak Numfor. (2024). Kabupaten biak numfor dalam angka 2024.Vol. 11. https://biaknumforkab.bps.go.id/id/publication/2024/02/28/7437e9ce7d1af8a9ecc8482d/kabupaten-biak-numfor-dalam-angka-2024.html. (diakses 5 Oktober 2024).
Dezhbankhan, F., Baranovich, D.L., Abedalaziz, N., & Dezhbankhan, S. (2021). Impacts of Metacognition Management System (MMS) Training Course on Metacognitive Competencies. International Education Studies. 14(1), 15-34.Doi:10.5539/ies.v14n1p12
Drake, G. (2021), "Assessing the Impact of the National Police Training Program Blue Courage on Officer Attitudes Toward Mental and Emotional Wellness", Policing: An International Journal, Vol. 44 No. 6, pp. 999-1013. https://doi.org/10.1108/PIJPSM-07-2020-0120
Garuan, Ismar Hi. (2017). Evaluasi program wajib baca tulis hitung kelas awal (CALISTUNG) (Studi Kasus Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Biak Numfor Tahun 2017). Gema Kampus IISIP YAPIS Biak, 12(2), 32-42. https://doi.org/10.52049/gemakampus.v12i2.41
Hutabarat, Ida M., Wahyudi, Irfan., & Sampebua, Mingsep R. (2022). Pembuatan media pembelajaran matematika interaktif dengan menggunakan macromedia flash. Jurnal Pengabdian Papua. 6(3), 85-89. https://doi.org/10.31957/jpp.v6i3.1598
Jerat Papua. (2015). Tinggi Buta Aksara, PR Besar Pemerintah. https://www.jeratpapua.org/tinggi-buta-aksara-pr-besar-pemerintah/. (diakses 5 Oktober 2024).
Kahar, Muhammad Syahrul., Ibrahim., Rusdi, Achmad., & Sukmawati. (2019). Pemberdayaan masyarakat papua di distrik bikar kabupaten tambrauw melalui pemberantasan buta aksara. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2(1). https://doi.org/10.31960/caradde.v2i1.275
Katz-Buonincontro, J. (2018). Gathering STE(A)M: Policy, Curricular, and Programmatic Developments in Arts-Based Science, Technology, Engineering, and Mathematics Education Introduction to the Special Issue of Arts Education Policy Review: STEAM focus. Arts Education Policy Review, 119(2), 73-76. https://doi.org/10.1080/10632913.2017.1407979
Mariyati, Y & Sari, N. (2017). Efektifitas Penggunaan Jarimatika Dalam Meningkatkan Keterampilan Berhitung Matematika Kelas III SDN 2 Tamansari. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(1), 30-35. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jtp/article/view/618/579
Messi., Cuan, B., & Saputra, E. A. (2019). Kompetensi Guru Menyajikan Modul Sesuai Passion Siswa Dalam Pendidikan Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjan Universitas PGRI Palembang 12 Januari 2019. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2577
Mulyati, S. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Diskusi Berbantuan Media Bagan Pecahan di Kelas III SDN Kalisari 1. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar UNISSULA, 3(1), 13–19. http://dx.doi.org/10.30659/pendas.3.1.13-19
Mulyono, Dodik, S, As Elly., & Purwasi, Lucy Asri. (2020). Pelatihan Menghitung Cepat dengan Jarimatika melalui Bantuan QR Code. Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 1(3). https://doi.org/10.56114/maslahah.v1i3.97
Park, H.J., Byun, S.Y., Sim, J., Han, H., & Baek, Y.S. (2016). Teachers’ Perceptions and Practices of STEAM Education in South Korea. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(7), 1739-1753. https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.1531a
Pitadjeng. 2015. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan.Yogyakarta: Graha Ilmu.
Pohan, A. E., Edi, W., Putri, A., Nugroho, T., Miftakhi, D.R. (2021). Penguatan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Berbasis Blended di Kabupaten Padang Lawas. Minda Baharu, 5(2), 196-207. https://doi.org/10.33373/jmb.v5i2.3424
Pohan, A. E., Hadiyanto, A., & Azis, D. A. (2021). Virtualization of Teacher Training on Improving of Online Teaching Competence for the Students of Riau Island University in Indonesia. London Journal of Social and Science, 2(1). https://doi.org/10.31039/ljss.2021.2.51
Putra, Miftah Fariz Prima. (2022). Belajar Berhitung Berhadiah (3b): meningkatkan kemampuan berhitung anak asli papua. JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2(2). http://dx.doi.org/10.35329/sipissangngi.v2i2.2903
Sitio, T. (2017). Penerapan Metode Jarimatika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I SDN 003 Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Primary, Vol. 6, No. 1, 146-156. http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v6i1.4097
Situmorang, Prima Lestari., Fatchuroji, Acep., & Oktariani, Mutiya. (2023). Pelatihan Matematika Dasar Bagi Usia Remaja Asli Papua Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung. Faedah : Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(1), 39-46. https://doi.org/10.59024/faedah.v1i1.42
Sumirat, I., Trimurtini, Wayuningsih. (2016). Pengaruh praktik jarimatika terhadap keterampilan berhitung perkalian pada siswa KELAS II SD. Jurnal Kependidikan Dasar, 1(1). https://doi.org/10.15294/kreatif.v7i1.9368
Tandiangnga, T., dan D. Setyaningsih, 2019. Upaya Peningkatan Kemampuan Berhitung Dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran Matematika Pada Siswa/I Kelas I SDN Inpres Melam Hilli Dan SDN Inpres Kemiri Kabupaten Jayapura Provinsi Papua. Jurnal Pengabdian Papua. 3(3): 74-78. https://ejournal.uncen.ac.id/index.php/JP/article/view/1087
Wulandani, W., S. (2007). Jarimatika Penambahan Dan Pengurangan. Jakarta: Kawan Pustaka.