PELATIHAN INTERNET CERDAS, PRODUKTIF DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY BAGI IBU RUMAH TANGGA

Authors

  • Abdul Rohmad Basar Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Ibnu Sina, Indonesia
  • Muhammad Ropianto Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Ibnu Sina, Indonesia
  • Novi Hendri Adi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Ibnu Sina, Indonesia
  • Afrina Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Ibnu Sina, Indonesia
  • Indah Kusuma Dewi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Ibnu Sina, Indonesia
  • Andi Hepy Susanti Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Ibnu Sina, Indonesia

Keywords:

Internet Cerdas, Produktif, Corporate Social Responsibility

Abstract

Masih banyak ibu rumah tangga yang kurang memiliki literasi digital yang memadai, penggunaan teknologi dan penggunaan internet yang masih minim. Ibu rumah tangga sering kali tidak mengetahui cara menyaring informasi yang baik dan benar, sehingga mereka mudah terjebak dalam hoaks atau konten yang kurang produktif. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital dan produktivitas ibu rumah tangga melalui pelatihan Internet Cerdas dan dukungan Corporate Social Responsibility (CSR). Keterampilan digital yang memadai memungkinkan ibu rumah tangga untuk menggunakan internet secara aman, tepat, serta produktif, baik untuk kepentingan pribadi maupun keluarga. Metode yang digunakan dalam program ini adalah pelatihan tatap muka dan online, di mana peserta mendapatkan pengetahuan dasar tentang penggunaan internet yang bijak, serta praktik langsung terkait aplikasi digital dan CSR yang mendukung kegiatan sehari-hari. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan signifikan sebesar 90,58%, dalam pemahaman ibu rumah tangga terkait literasi penggunaan internet untuk keperluan produktif. Peserta mampu menerapkan keterampilan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, program ini berhasil menciptakan dampak positif terhadap ekonomi keluarga dan kesejahteraan masyarakat. Melalui program ini, diharapkan ibu rumah tangga dapat memanfaatkan teknologi digital untuk kegiatan ekonomi, seperti pemasaran produk secara online

References

Adi, N. H., Wahdi, Y. W., Safi’i, M., & Yunesman. (2024). Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Interaktif Edpuzzle Bagi Guru-Guru Sekolah Menengah Pertama. J- COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 4(2), 238–248. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v4i2.21522

Fauzia, A., & Hidayati, S. (2023). Improving Digital Literacy of Rural Women Entrepreneurs in Indonesia. 2023 11th International Conference on Cyber and IT Service Management (CITSM), 1–5.

Indrayanti, I., Ramdhani, A., & Romadhon, S. A. (2022). Peningkatan Pemanfaatan Literasi Digital Di Kalangan Ibu Rumah Tangga Yang Tidak Bekerja Di Lingkungan Desa Watubelah, Kabupaten Cirebon. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 617–622. https://doi.org/10.31604/jpm.v5i2.617-622

Kaslam, K., Luneto, R., Aisyah, A. A., & Rahmadani, N. H. (2023). Cerdas Bermedia Sosial dan Produktif Bagi Ibu Rumah Tangga Melalui Pelatihan Digital Marketing. Ruang Komunitas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.24252/rkjpm.v1i1.34800

Latapí Agudelo, M. A., Jóhannsdóttir, L., & Davídsdóttir, B. (2019). A literature review of the history and evolution of corporate social responsibility. International Journal of Corporate Social Responsibility, 4(1), 1. https://doi.org/10.1186/s40991-018-0039-y

Lestari, I. L., Fibriyani, V., & Zulfarosda, R. (2023). Menumbuhkan Literasi Digital pada Kalangan Ibu Rumah Tangga di Kecamatan Panggungrejo. JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka, 6(1), 72. https://doi.org/10.51213/jmm.v6i1.138

Lindriany, J., Hidayati, D., & Muhammad Nasaruddin, D. (2022). Urgensi Literasi Digital Bagi Anak Usia Dini Dan Orang Tua. Journal of Education and Teaching (JET), 4(1), 35–49. https://doi.org/10.51454/jet.v4i1.201

Mudra, H. (2020). Digital literacy among young learners: how do EFL teachers and learners view its benefits and barriers? Teaching English with Technology, 20(3), 3–24.

Nugraheni, E. Y., & Rahmattullah, M. (2021). Peningkatan literasi digital dan inovasi produk Sasirangan bagi ibu-ibu rumah tangga untuk meningkatkan perekonomian keluarga di masa pandemi Covid 19. Bakti Banua: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1– 7.

Press, U. G. M. (2021). Perempuan Dan Literasi Digital: Antara Problem, Hambatan, Dan Arah Pemberdayaan. UGM PRESS.

Rönnegard, D. (2020). The Form of the Firm: A Normative Political Theory of the Corporation, by Abraham Singer. New York: Oxford University Press, 2019. 312 pp. Business Ethics Quarterly, 30(2), 277–279. https://doi.org/10.1017/beq.2020.7

Suharsimi, & Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta.

In Jurnal Ilmiah Farmasi Farmasyifa (Vol. 53, Issue 9). PT. Rineka Cipta.

Susanti, L. D., Indrianti, D. T., Hilmi, M. I., & Handayani, S. M. (2022). Literasi Digital: Pemberdayaan Perempuan pada Kelompok Dasa Wisma di Kabupaten Banyuwangi. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(2), 115–126. https://doi.org/10.21831/diklus.v6i2.49504

Downloads

Published

2025-01-22

How to Cite

Basar, A. R., Ropianto, M., Adi, N. H., Afrina, Dewi, I. K., & Susanti, A. H. (2025). PELATIHAN INTERNET CERDAS, PRODUKTIF DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY BAGI IBU RUMAH TANGGA. SEMINAR NASIONAL (SEMNAS) PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM), 1(1), 171–182. Retrieved from https://proceeding.unrika.ac.id/index.php/PKM/article/view/45